Posted on: November 26, 2020 Posted by: admin Comments: 0
Batik Air Terbang Perdana Makassar - Manado

Batik Air telah resmi membuka rute penerbangan baru dari Makassar ke Manado pada 20 November 2020.

Maskapai Batik Air melayani penerbangan dari Makassar melalui Bandara Sultan Hasanuddin di Maros ke Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Pada tahap awal, Batik Air secara berjadwal frekuensi penerbangan satu kali setiap hari.

Batik Air bernomor ID-6266 terbang dari Bandara Sultan Hasanuddin pukul 13.00 WITA.

Pesawat mendarat di Bandara Sam Ratulangi pada 14.40 WITA dengan disambut “water salute” oleh Angkasa Pura 1 Cabang Manado.

Water salute adalah penyiraman pada badan pesawat berbentuk lengkungan sebagai penanda pelaksanaan penerbangan perdana.

Beberapa seremonial mewarnai penerbangan perdana Makassar – Manado ini.

Di antaranya pemberian cinderamata oleh Area Manager Lion Air Group Sulut, Maluku Utara dan Gorontalo, Irwan kepada GM Angkasa Pura I Cabang Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai.

Selain itu, dilakukan pemberian kalung kain oleh GM Angkasa Pura I Cabang Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai; Kepala Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VIII MT Edison Saragih; PLT Station Manager Lion Air Group Manado, Jeffery Johasan pada awak pesawat serta perwakilan penumpang.

Pesawat berangkat dengan nomor penerbangan ID-6265 pukul 15.40 WITA.

Penerbangan telah mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin pada 17.20 WITA.

Dalam penerbangan ini, seluruh operasional Batik Air tetap menerapkan protokol kesehatan.

Batik Air mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, kenyamanan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Baca Juga : Batik Air Hubungkan Manado dan Makassar

Gunakan Pesawat Terbaru Aribus 320-200NEO

Batik Air memperkenalkan rute baru menggunakan armada terbaru, yakni Airbus 320-200NEO pertama, registrasi pesawat PK-BDF.

Batik Air memiliki kesungguhan untuk terus mengembangkan konsep layanan penerbangan premium.

Airbus 320-200 NEO Batik Air mempunyai konfigurasi lorong tunggal.

Armada ini bertata letak dua kelas, yaitu 144 kursi kelas ekonomi (3-3) dan 12 kursi bisnis (2-2).

Pengoperasian pesawat baru diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman para tamu.

Upaya ini diharapkan bisa menambah tingkat kepercayaan dan loyalitas dari para tamu kepada Batik Air.

Pesawat ini telah dibekali teknologi modern dan fitur-fitur yang memberikan kenyamanan setiap tamu ketika berada di kabin.

Batik Air menyediakan kenyamanan dengan melengkapi layanan hiburan penerbangan berupa audio video visual di setiap kursi.

Adapun layanan pengaturan suara dan kabin paling senyap di kelasnya.

Maskapai ini juga menambah fitur utama kursi lebih ergonomis dan sandaran kursi pada kaki

Pesawat A320-200 NEO juga menawarkan kompartemen penyimpanan barang bawaan yang paling besar di kabinnya.

Kompartemen yang terletak di atas kursi penumpang ini menyediakan 10% volume ekstra.

Fasilitas ini mampu menampung lebih banyak jumlah tas hingga 60%.

Desain baru kompartemen bagasi kabin memungkinkan penumpang lebih mudah mengatur dan menyimpan banyak barang bawaan di kabin.

Menawarkan Konektivitas Terbaik

Batik Air optimis, tingkat keterisian penumpang di rute Makassar – Manado – Makassar akan tumbuh positif.

Rute baru menjadi bagian pengembangan bisnis Batik Air di pasar penerbangan dalam negeri ini.

Upaya ini selaras dengan mendukung program pemerintah dalam percepatan pemulihan perekonomian, salah satunya sektor pariwisata.

Pembukaan rute Makassar – Manado – Makassar semakin memberikan pilihan perjalanan udara bagi penumpang.

Hal ini juga sejalan mengakomodir permintaan pasar di kedua kota serta menjawab tren dan minat bahwa terbang itu aman.

Manado dari Makassar telah menjadi kota tujuan Batik Air ke-16 setelah Ambon, Gorontalo, Jakarta–Halim Perdanakusuma, Jakarta–Soekarno-Hatta,.

Ada pula Jayapura, Kendari, Luwuk, Manokwari, Merauke, Palu, Samarinda, Sorong, Surabaya, Ternate dan Timika.

Para tamu Batik Air dari Manado akan memiliki koneksi penerbangan lebih banyak lagi dari Bandara Sultan Hasanuddin.

Penumpang mempunyai opsi tujuan ke Ambon, Saumlaki, Tual, Balikpapan, Samarinda, Berau, Palangkaraya, Pontianak.

Juga ke Ketapang, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Denpasar, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Merauke, Palu, Sorong, Manokwari.

Dapat pula ke Ternate, Lombok, Tarakan, Yogyakarta Kulon Progo, Tanjung Karang-Lampung, Pangkalpinang, Palembang.

Tujuan lain ke Bengkulu, Jambi, Padang, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Medan, Silangit, Gunung Sitoli, Meulaboh, Banda Aceh.

Selain itu, penumpang berkesempatan bisa melanjutkan kota favorit, seperti Tana Toraja, Batulicin, Bau-Bau, Bima.

Juga ke Luwuk, Mamuju, Palopo, Poso, Raha, Selayar, Wangi-Wangi, Kupang, Alor, Maumere, Tambolaka, Waingapu, Rote dan kota-kota lain.

Penghubung Kawasan Strategis

Berada di posisi strategis, Manado sebagai penghubung utama khususnya di Indonesia bagian utara.

Makassar menempatkan kota tujuan ke-2 yang dilayani langsung setelah Jakarta.

Melalui Bandara Sam Ratulangi, para tamu dari Makassar mempunyai pilihan rute penerbangan secara langsung dan terhubung.

Penumpang mendapatkan pilihan terbang ke beberapa kota tujuan, mencakup Melonguane, Miangas, Tahuna, Ternate.

Ada pula Morotai, Ambon, Labuha, Buli, Jakarta, Balikpapan, Denpasar, Gorontalo, Palu, Luwuk, Kendari, Sorong, Surabaya, Yogyakarta.

Tujuan lain ke Semarang, Palembang, Padang, Pekanbaru, Medan, Banda Aceh, Pontianak, Palangkaraya.

Penumpang juga berkesempatan ke Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Berau, Tarakan dan destinasi lainnya.

Rute baru tersebut akan memperkuat layanan Batik Air di Makassar dan Manado dari rute-rute yang selama ini sudah berjalan.

Kesiapan Batik Air

Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63%.

Maskapai ini mengoperasikan 44 Airbus 320-200CEO, enam Boeing 737-900ER, 25 Boeing 737-800NG serta satu Airbus 320-200NEO. 

Teknologi yang terpasang dan berbagai tindakan preventif dari Batik Air.

Dengan harapan, penumpang dapat memulai kembali perjalanan dengan percaya diri atau tanpa ragu-ragu.

Batik Air menerapkan tingkat kebersihan pesawat udara melalui peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC).

Tindakan ini dilaksanakan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara dimana pesawat Batik Air berada.

Pengerjaan kebersihan secara terstruktur meliputi ruang kemudi; dapur, kamar kecil, termasuk pintu, pegangan pintu dan lainnya.

Pesawat jet Airbus dan Boeing yang dioperasikan termasuk kategori generasi modern yang memiliki sistem penyaringan udara kabin dan partikel yang kuat, yakni dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter.

Sirkulasi udara masuk dan keluar yang baik akan menghasilkan penyebaran udara kabin lebih efisien. HEPA filter merupakan sistem yang dalam membantu menjaga tingkat kebersihan udara di dalam kabin.

Perangkat tersebut bekerja menggunakan sejumlah metode filtrasi yang menyaring lebih dari 99,9% jenis partikel. 

Dalam menjaga udara di kabin bersih dan segar, udara diperbarui sepenuhnya setiap 2-3 menit.

Melalui HEPA filter bahwa pola aliran membatasi terjadinya percampuran udara di dalam kabin.

Aliran udara dari atas ke bawah yang dapat mengurangi penyebaran virus/ bakteri.

Untuk udara dari toilet dan dapur langsung dialirkan ke luar pesawat.

Feature Image Source © Batik Air

Leave a Comment