Posted on: November 28, 2020 Posted by: admin Comments: 1
Tiket Kereta Api untuk Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero telah membuka pemesanan tiket kereta api jarak jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Sejak 23 November 2020, tiket kereta api jarak jauh KAI untuk libur Natal dan Tahun Baru sudah bisa mulai dipesan.

Masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id serta kanal penjualan resmi lainnya.

VP Public Relation KAI, Joni Martinus mengatakan, pemesanan sudah dibuka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujarnya.

Tiket yang dijual di antaranya KA Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir, KA Gajayana relasi Malang – Gambir PP, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan – Pasar Senen.

Adapula KA Argo Parahyangan Bandung – Gambir, KA Mutiara Selatan relasi Surabaya Gubeng – Bandung PP, dan lainnya.

Rencanakan perjalanan anda jauh-jauh hari menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga : Sambut Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Tiket bagi Guru dan Nakes

Layanan Kereta Api Natal dan Tahun Baru Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api.

Karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu.

Protokol diterapkan sejak di stasiun dan di atas KA serta selama dalam perjalanan.

Saat libur long weekend akhir Oktober lalu, perjalanan KA terselenggara dengan aman, lancar, terkendali dan sehat selama dalam perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

“Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui,” katanya.

Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor.

Artinya, pengoperasian KA sudah sesuai standaar Kantor Pusat BV, International Best Practices, WHO, regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh hanya 70 % dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Hal ini untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Selain itu,  pelanggan KA Jarak Jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam).

Suhu badan penumpang dianjurkan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Dan penumpang diimbau menggunaakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Pelanggan juga diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Tes) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

Atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit / Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Tes.

Layanan Rapid Tes di Stasiun

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan Rapid Tes seharga Rp 85.000.

Layanan ini tersedia di 31 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan.

Juga tersedia di Stasiun Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun.

Layanan terdapat juga di Stasiun Blitar, Kediri, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember.

Begitupun Stasiun Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi dan Lubuk Linggau yang memiliki layanan Rapid Tes.

Penyediaan layanan Rapid Tes di Stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan, sehingga tidak perlu mencari tempat Rapid Tes di luar.

Sejak dibuka pada 27 Juli 2020, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan tersebut hingga 22 November sudah mencapai 337.851 pelanggan.

Jika dilakukan di stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan Rapid Tes setidaknya H-1 tanggal keberangkatan.

Tujuannya, untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan.

Animo Penumpang Kereta Api Naik

Joni melihat, masyarakat sudah kembali mempercayakan moda transportasi kereta api.

Hal itu terlihat dari volume pelanggan yang terus menunjukkan tren positif.

Pada periode 1 sampai 22 November 2020, KAI melayani 1.451.318 pelanggan KA Jarak Jauh dan lokal.

Jumlah ini naik 16,5 % dibandingkan periode yang sama pada Bulan Oktober yakni sebanyak 1.146.776 pelanggan.

“Tidak perlu ragu untuk naik kereta api, karena KAI telah menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin setiap waktu,” ututp Joni.  

Untuk informasi lebih lanjut terkait pengoperasian KA di akhir tahun 2020 ini, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021) 121.

Masyarakat juga bisa mengakses Contact Center melalui email cs@kai.id atau media sosial KAI121.

Feature Image Source via www.kai.id

1 people reacted on this

Leave a Comment